FUADAH DALAM CERITA HARI SANTRI OKTOBER 2023

Salatiga, 22 Oktober 2023. Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kaum muslimin dan bangsa Indonesia pernah bersatu dalam mempertahankan NKRI.Tahukah kamu gedung kembar pertama di kampus 3 UIN Salatiga  memiliki nama K.H Hasyim Asyhari dan K.H Wahid Hasyim. Tentunya pemilihan nama tokoh ini sebagai nama gedung memiliki makna yang mendalam di dunia keislaman terutama bidang pendidikan Islam di Indonesia.


Serangkaian kegiatan Hari Santri yang diikuti oleh sivitas akademika UIN Salatiga dengan dilaksanakannya Expo Kemandirian Pondok Pesantren yang diikuti oleh 50 Pondok Pesantren di Sekitar Salatiga. Mahasiswa Fuadah berpartisipasi dalam meramaikan kegiatan Expo yang dilaksanakan 18-19 Oktober 2023  di Auditorium Kampus 3. Berikut foto- foto kegiatan mahasiswa (IAT- Fuadah)

Testimoni Erni Koyimmah (mahasiswi IAT, Fuadah): “ Dalam mengikuti acara Expo Kemandirian Pondok Pesantren, bagi saya sangat beruntung karena bisa menambah pengetahuan dan bisa lebih mengenal berbagai kerajinan ataupun hasil karya dari berbagai pondok pesantren”

Selain kegiatan di kampus, perayaan hari Santri juga dilaksanakan di berbagai daerah dan diikuti oleh mahasiswa Fuadah berikut beberapa kegiatannya :

Kesan kesan Arum Aufanillah: “ hari santri nasional tahun 2023 yang di adakan oleh pemerintah kota salatiga. Saya mengikuti salah satu cabang lomba musabaqoh qira’atul kutub yakni fan ilmu fiqh dengan kitab fathul mu’in karya syekh Zainuddin bin abdul aziz al malibari. Lomba tersebut bertempat di pondok yang saya tempati yakni pondok pesantren sunan giri Salatiga. Pada perlombaan kemarin saya mendapatkan nomor urut 11 dari 12 peserta yang ada. Salah satu jurinya yaitu bapak Dr. Agus Ahmad Suaidi, Lc., M.A dosen UIN Salatiga. Pengalaman ini sangat berkesan bagi saya karena saya mendapat tambahan ilmu, teman serta pengalaman tentunya. H-1 sebelum lomba kami (santri sunan giri yang mengikuti lomba) bersama sama sowan ke ndalem untuk meminta doa restu dari pak yai dan bu nyai , terdapat satu pesan yang selalu saya ingat ” ra kudu menang mbak seng penting sopan( tidak harus menang mbak yang penting sopan) ” . Perkataan beliau mengingatkan saya bahwa adab itu lebih utama daripada ilmu sehingga harus selalu menjaga kesopanan dimanapun berada dan dengan siapapun kita berhadapan. Perkataan beliau juga yang membuat saya kembali semangat ketika saya melihat lawan lawan saya yang juga mengikuti lomba tersebut semuanya lebih tua 2 atau 3 tahun dari saya dan mereka terlihat begitu berkompeten dan siap untuk mengikuti lomba ini. Lalu saya hanya anak kecil yang sedang mencoba coba tentunya dengan ilmu yang tidak se kompeten beliau beliau itu . Kata pak ustadz saya kalah itu sudah biasa dan menang itu hanya bonus, tetap hargai proses walaupun hasil tak sesuai ekspektasi. Sekian pengalaman saya pada tanggal 15 Oktober 2023 dalam rangka ikut memeriahkan serangkaian acara hari santri 2023.”

Nurlela :Sebelum menuju puncaknya hari santri, ponpes Annasiha mengadakan lomba dan nobar guna untuk memeriahkan/ memperingati Hari Santri. Target peserta nya sendiri yaitu santri ponpes Annasiha dengan cabang perlombaan: 1) lomba kreasi sholawat, 2) pidato, 3) Akhi Ukhti Annasiha, 4) poster hari santri 5) kebersihan kamar yang dilaksanakan pada malam Jum’at, tanggal 20 Oktober 2023. Kemudian di lanjut pada malam sabtu, tanggal 21 oktober 2023 yaitu pengumuman juara dan menonton bersama. lalu pada hari minggu, tanggal 22 Oktober 2023 ponpes Annasiha melaksanakan upacara bendera yang di laksanakan di kampus 2 uin salatiga bertempat dilapangan fuadah yang berkolaborasi dengan ma’had al jamiah uin salatiga.

Santri-Santri UIN Salatiga melakukan perayaan Upacara Hari Santri di lapangan

Kampus 2 UIN Salatiga (Minggu, 22 Oktober 2023)


Pada Logo Hari Santri 2023  ini  terdapat 2 ciri khas yakni  “Kobaran Api Nasionalisme” dan simbolisasi huruf “NUN” : sebagai orang islam (santri) juga harus memiliki dan menanamkan “Hubbul wathon minal iman” (rasa cinta tanah air adalah sebagian dari iman), disimbolkan seperti api yang berkobar. Sedangkan Simbolisasi “Nun” diambil dari ayat “Nun wa al-qalam wa ma yasthurun”. Ini bermakna, “Nun” sebagai simbol pengetahuan. Sehingga taglineHari Santri 2023 adalah: Jihad Santri, Jayakan Negeri : Berikut kegiatan sivitas akademika dari dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam berpartisipasi dalam memperingati hari Santri 2023.

Foto Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A . selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Dan Kerjasama (Universitas Islam Negeri Salatiga yang juga merupakan Dosen Bahasa Sastra Arab, Fuadah, UIN Salatiga bersama mahasantri UIN Salatiga pada Apel Peringatan Hari Santri, Minggu 22 Oktober 2023 di Kampus 3 UIN Salatiga. (Kontributor : Ita DJ)