MAHASISWA FUADAH BERPARTISIPASI DALAM JOURNALISM FESTIVAL 2023 SEMINAR NASIONAL FOMO “BATASI MEDIA SOSIAL, LANDASI AKAL, JAGA MENTAL”

Salatiga, 20 November 2023. LPM Dinamika mengadakan kegiatan seminar nasional bertajuk FOMO “ Batasi Media Sosial, Landasi Akal, Jaga Mental”. Dalam rangka ulang tahun LPM DIinamika yang ke-32 dan juga sebagai salah satu rangkaian acara Journalism Festival 2023, yang diadakan di Auditorium Student Center UIN Salatiga, Selasa (26/09/2023).

Source: Instagram Story @klikdinamika

Parid selaku Pimpinan Umum dari LPM  Dinamika menjelaskan dalam sambutannya, bahwa kegiatan Journalism Festival ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh LPM Dinamika setiap kali memperingati HUT LPM Dinamika. Ia juga menceritakan seluk beluk UKM ini dalam 32 tahun terakhir, yang mana banyak sekali menghadapi tantangan baik di dalam maupun diluar kampus.

“Kegiatan ini merupakan acara tahunan dari Dinamika, dan kali ini dalam memperingati HUT LPM Dinamika yang ke-32. Dimana Dinamika ini telah berdiri sejak tahun 1991 sebagai UKM yang berdiri di bidang persma. Yang tentu saja dari 32 tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang dilalui Dinamika dari awal berdiri sampai sekarang”. Ujar Parid.

Seminar ini dihadiri oleh beberapa peserta yang terdiri dari mahasiswa UIN Salatiga, serta delegasi dari perguruan tinggi lain di Jawa Tengah. Dalam seminar ini, ada 2 narasumber yang mengisi materi kegiatan, sesuai dengan tema yang diangkat. Yaitu FOMO. Pemateri yang pertama adalah Christine Anggraini, dan yang kedua adalah Yoana Theolla Angle Yessica. Yang mana kedua narasumber tersebut merupakan seorang Psikolog lulusan Universitas Katolik Soegijapranata.                                                                                                                                   

Christine menjelaskan dalam materinya, bahwa individu yang mengalami FOMO (fear of missing out) di kehidupan nyatanya pasti susah berteman, punya ketakutan akan tertolak dalam suatu komunitas, sulit menggambarkan diri, bahkan merasa keunikan diri sendiri itu mengerikan, dan dapat dijauhi. Dia menerangkan betapa pentingnya mengetahui apa itu FOMO dan bagaimana cara mengatur sifat itu agar tidak menjadi boomerang pada diri kita.

Tidak hanya acara seminar nasional yang diselenggarakan oleh LPM Dinamika dalam serangkaian kegiatan Journalism Festival kali ini. Ada juga pameran arsip-arsip dari LPM Dinamika, yang berupa tabloid, majalah, antologi puisi, bahkan foto-foto perkembangan LPM Dinamika dari tahun ke tahun juga dipamerkan dalam acara terseebut.

Kemudian dalam kegiatan ini  pula. Ada Bazaar buku murah yang digelar di sisi belakang gedung Auditorium Student Center UIN Salatiga. Yang mana pengadaan Bazaar buku ini, LPM Dinamika bekerja sama dengan Omah Buku Salatiga yang memberikan sponsorsip terhadap jalannya kegiatan ini. Dengan menjual buku murah dari Omah Buku Salatiga, mulai dari Rp.15.000,00 hingga Rp.60.000,00.    Source: Instagram Story @klikdinamika

Salah satu peserta mengungkapkan antusiasmenya ketika mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa seminar ini sangat berguna bagi masyarakat terutama bagi mahasiswa.                                                                                                                                                                                                                                                                  

“Bagi saya, seminar kali ini sangat bermanfaat ya bagi masyarakat terutama kita sebagai seorang mahasiswa, yang merupakan seorang agen perubahan. Karena dengan ini Mahasiswa bisa mengetahui apa itu FOMO dan apa dampak serta pengaruhnya buat diri kita gitu”. Ungkapnya. (Helmi Ammar Madjid (SPI))