Delegasi FUADAH UIN Salatiga Berpartisipasi dalam Annual International Conference ADIA 2024 di Banda Aceh

Banda Aceh, 20 Mei 2024 – Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora (FUADAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga turut berpartisipasi dalam kegiatan Annual International Conference Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) 2024 yang berlangsung pada tanggal 17-20 Mei di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh. Delegasi dari FUADAH UIN Salatiga diwakili oleh dekan, Prof. Dr. Adang Kuswaya, M.Ag., dan Ahmad Faidi, M.Hum., selaku Ketua Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam (SPI).

Acara yang dihadiri oleh akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Prof. M. Arskal Salim, M.A., yang menjabat sebagai Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Dalam sambutannya, Prof. Arskal menekankan pentingnya kolaborasi dan pertukaran ilmu antar institusi pendidikan tinggi untuk pengembangan ilmu-ilmu adab di Indonesia.

Selain International Conference, forum ADIA juga menyelenggarakan sesi paralel dan forum asosiasi masing-masing program studi. Para Kaprodi dari Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Sastra Inggris (SI) berdiskusi mengenai perkembangan kurikulum, metode pengajaran, serta penelitian terbaru di bidang masing-masing.

Kegiatan ini juga diakhiri dengan agenda city tour, di mana para peserta diajak untuk mengeksplorasi keindahan dan budaya Banda Aceh. Dengan partisipasi aktif dari FUADAH UIN Salatiga, diharapkan hubungan akademis dan kerjasama antara universitas-universitas di Indonesia semakin erat, serta mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang ilmu-ilmu adab.