PRODI PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI BERSAMA TIGA PRODI UIN SALATIGA GELAR SEMINAR INTERNASIONAL BERTAJUK COMMUNICATION AND LITERACY IN DIGITAL ERA

Tiga program studi (Prodi) Perpustakaan dan Sains Informasi adakan kerjasama dengan prodi Komunikasi Penyiaran Islam seminar (KPI) dan Teknologi Informasi (TI) adakan seminar Internasional yang mengangkat tema Communication and Literacy In Digital Era.

Pada seminar ini menghadirkan pemateri Mr.Hans Wilhelm Wachtel selaku Expert from SES (Senior Experten Service) Germany dan Heriyanto, Ph.D selaku Dosen/ Ketua Program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro. Yang di hadiri oleh Prof. Dr. Phil Asfa Widiyanto, M.Ag., M.A selaku Wakil Rektor (Warek)1, Wadek 1 dan Wadek 2 fakultas Dakwah, Mahasiswa, Siswa beserta Guru sekolah menengah atas. ” yang berlangsung di Aula Lantai 3 UIN SALATIGA Gedung Hasyim Asyari pada Selasa, (27/8/2024).

Mr. Hans selaku pembicara 1 menjelaskan mengenai Komunikasi Digital dan cara mengatasi Cybercrime (Tindakan kejahatan yang berkaitan dengan perangkat jaringan yang biasanya dilakukan secara online) dan Heriyanto, Ph. D selaku pembicara 2 membahas mengenai pengenalan literasi digital dan information overload serta cara mengatasinya.

Diadakannya seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Masyarakat dan siswa pada pentingnya kemampuan komunikasi dan literasi di era digital.

Dalam penutup seminarnya Mr. Hans menyampaikan bahwa kebahagiaannya karena dapat kembali ke UIN Salatiga.

“Dia mengakui adanya kemajuan luar biasa yang telah dicapai oleh fakultas dibandingkan dengan kunjungan sebelumnya. Saya merasa terhormat bisa mengikuti perkembangan yang luar biasa ini dan berkontribusi dalam pengembangan Prodi,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa kegiatan seminar Internasional ini juga menandai kelanjutan dari komitmen UIN SALATIGA untuk terus memperkuat kerjasama Internasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di lingkungan Universitas. (Diana)