PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FUADAH IKUTI FINALISASI DOKUMEN KURIKULUM

Salatiga, Agustus 2023. Dalam perkembangan kurikulum UIN Salatiga, FUADAH mengikuti kegiatan peningkatan mutu pembelajaran dalam workshop kurikulum yang diadakan 29 Juli – 1 Agustus 2023 di Kab. Semarang.

Tujuan adanya kurikulum adalah sebagai alat pendidikan yang menghasilkan siswa/mahasiswa yang berintegrasi. Kurikulum membuat kita sebagai pelajr mengerti system Pendidikan yang diterapkan pada sebuah instansi, sehingga kita (sebagai pelajar) dapat memutuskan Pendidikan yang ingin dilanjutkan.  Sedangkan pengertian dari kurikulum adalam seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan , isi, dan bahan Pelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan tertentu.

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga mengadakan Workshop Finalisasi Kurikulum Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga yang diadakan di Hotel Griya Persada Bandungan pada tanggal 31 Juli sampai dengan 2  Agustus 2023. Acara ini dihadiri oleh 61 peserta yang terdiri Wakil Rektor 1, LPM, Wakil Dekan 1 setiap Fakultas di UIN Salatiga, Kepala Jurusan setiap Fakultas di UIN Salatiga, dan Kepala Program Studi Setiap Program Studi di UIN Salatiga.

Adapun hasil dari Workshop Finalisasi Kurikulum tersebut yaitu membahas mengenai kurikulum baru. Menurut Wakil Rektor 1 UIN Salatiga, Prof. Dr. Muh.Saerozi,M. Ag kurikulum baru akan diterapkan di Angkatan mahasiswa yang baru. Mahasiswa pra-UIN yaitu sebelum 8 Juni 2023 akan berlaku kurikulum yang lama, sedangkan mahasiswa pasca UIN yaitu setelah 8 Juni 2023 maka akan diberlakukan kurikulum setelah menjadi UIN Salatiga. Kemudian masing-masing prodi mengkonversi ke kurikulum baru dengan paying hukum Surat Keputusan (SK) Rektor. Wakil Rektor 1 juga menghimbau diperlukan system tutor untuk mahasiswa tanpa melanggar etika akademik dalam menghadapi Artificial Intelegent (AI).