MELEK AKREDITASI: FUADAH ADAKAN REFRESHMEN AKREDITASI 9 KRTITERIA

FUADAH- Rabu-Jum’at (1-3/03/2023) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora UIN Salatiga menggelar acara “Refreshment Akreditasi 9 Kriteria: Review Borang Re-Akreditasi LED dan LKPS Program Studi IAT dan AFI” di Kaliurang Yogyakarta.

Acara diikuiti oleh Dekanat, Kabag dan Kasubag akademik, ketua dan sekretaris jurusan serta tim penyusun instrumen akreditasi yang terdiri dari ketua program studi dan dosen.

Diawali dengan pembukaan oleh Dekan FUADAH (Prof. Dr. Adang Kuswaya, M.Ag). Beliau menyampaikan pentingnya acara ini karena pemahaman dan persiapan akreditasi dengan 9 kriteria bagi lima Prodi yang ada di FUADAH khususnya Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) yang sedang menyusun instrumen akreditasi untuk kebutuhan re-akreditasi.

Menghadirkan dua pemateri yaitu Dr. Nashiruddin, M.A., M.Ag (Asesor BAN PT sekaligus Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta) dan Dr. Islah Gusmian, M.Ag (Asesor BAN PT sekaligus Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta). Agenda hari Rabu, 01 Maret 2023 review Instrumen re-akreditasi Prodi AFI oleh Dr. Nashiruddin, M.A., M.Ag.

“Setelah melihat data yang dikirimkan ke saya, banyak yang harus dibenahi dan itu perlu kerja keras yang ekstra dalam menyusun instrumen 9 kriteria ini untuk bisa unggul.” Ungkap Dr. Nashiruddin, M.A., M.Ag.

Perlu diketahui, BAN PT per Maret 2019 telah memberlakukan instrumen akreditasi program studi 4.0. yang sebelumnya menggunakan akreditasi 3.0 dengan memakai standar 7. Standar 7 lebih kepada input dan prosesnya sedangkan kriteria 9 menekankan proses dan hasil capaian atau luarannya.

Tak jauh berbeda dengan Prodi AFI, Prodi IAT pun juga mendapat banyak masukan dari reviewer instrumen 9 kriteria Dr. Islah Gusmian, M.Ag. Beliau menyampaikan masukan dan kritikan kepada Prodi IAT agar mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi 9 kriteria ini.

“Banyak hal yang harus disiapkan dengan kerja keras. Kunci sukses akreditasi tidak hanya pada tim penyusun instrumen melainkan pada elemen eksternal. Bagaimana UPPS mampu mengenali kondisi eksternal yang mempengaruhi eksistensi dan perkembangan Prodi serta mendeskripsikan profil prodinya pada beberapa aspek yang penting dan strategis.” Terang Dr. Islah Gusmian, M.Ag

Setelah mendapatkan arahan dan masukan dari para reviewer, tim mulai memiliki gambaran yang jelas dalam menyusun instrumen 9 kriteria. Hari ke dua dan terakhir acara refreshment akreditasi 9 kriteria diisi dengan menyusun ulang semua data yang dibutuhkan dan disusun sebaik mungkin sebelum di submit ke BAN PT.